10 Aplikasi Open Source Pilihan di 2007

Rabu, 26 Januari 2011

10 Aplikasi Open Source Pilihan di 2007

Jan 21, 2008 Kategori : Software, Teknologi
Penetrasi aplikasi Open Source kian berkembang tiap tahunnya. Aplikasi tersebut datang dan pergi dengan mudah dari komputer tergantung keinginan pemiliknya.
Namun, dari sekian banyak aplikasi Open Source yang mampir ke suatu komputer, ada beberapa aplikasi yang tempatnya tak tergantikan dan tetap menjadi pilihan utama pengguna komputer. Nah, aplikasi tersebut adalah aplikasi yang dinilai paling favorit dan layak dipilih sebagai aplikasi Open Source terbaik selama 2007.

Salah satu yang membuat daftar aplikasi Open Source terbaik selama 2007 adalah Softpedia. Situs ini memilih aplikasi Open Source yang terbaik bukan atas dasar ’siapa yang terbaik dan terburuk’ namun lebih didasarkan atas ’siapa yang paling banyak digunakan dan keberadaannya dirasa sangat membantu pengguna komputer’ selama 2007.
Salah satu aplikasi yang menjadi finalis dalam daftar tersebut adalah GIMP alias GNU Image Manipulation Program. Ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk edit dan rekayasa image. GIMP tidak hanya bisa dijalankan di satu sistem operasi sehingga membuatnya menjadi salah satu aplikasi penting, terutama bagi yang bergelut dengan image setiap harinya.
Selanjutnya ada Open Office dan Firefox. Untuk kedua aplikasi ini, keberadaanya di ranah Open Source juga tak terbantahkan. Open Office menjadi bagian penting untuk aplikasi perkantoran, sedangkan Firefox kian mengambil hati pengguna internet sebagai browser pilihan.
Berikut adalah 10 finalis aplikasi Open Source terbaik versi Softpedia :
1. GIMP
2. MPlayer
3. Amarok
4. Pidgin
5. OpenOffice.org
6. Wine
7. K3b
8. Firefox
9. Thunderbird
10. Filezilla
Softpedia mengakui masih banyaknya aplikasi Open Source lain yang juga layak disebut sebagai yang terbaik dalam daftar tersebut. Namun mereka beralasan, pemilihan daftar diatas didasarkan atas mereka yang terbaik di tiap kategorinya (detikinet.com).

0 komentar:

Posting Komentar